Beranda | Artikel
Wajibnya Mengagungkan Sunnah dan Bahaya Mengolok-olok Sunnah (Ustadz Abu Qatadah)
Sabtu, 3 Oktober 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Qatadah

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Rekaman video: Ustadz Abu Qatadah – Wajibnya Mengagungkan Sunnah dan Bahaya Mengolok-olok Sunnah

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Wajibnya Mengagungkan Sunnah dan Bahaya Mengolok-olok Sunnah

Yang dimaksud dengan Sunnah pada pembahasan kali ini bukanlah sunnah yang bermakna sesuatu yang tidak wajib. Namun, Sunnah yang dimaksud dalam kajian kali ini adalah segala sesuatu yang datang dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik itu yang berkaitan dengan aqidah, cara beribadah, cara bermu’amalah, cara bersiyasah, atau yang berkaitan dengan akhlak.

Dengan kata lain, sunnah yang kita bahas adalah setiap yang datang dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik berupa ucapan-ucapan beliau, perbuatan-perbuatan beliau, atau persetujuan-persetujuan beliau.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di dalam hadits Al-Irbadh bin Sariyah:

أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ، وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ، وَإِنْ تَأَمَّرَ عَلَيْكُمْ عَبْدٌ حَبَشِيٌ، فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّيْنَ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ، فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

“Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, mendengar dan taat kepada pemimpin, meskipun yang dia berasal dari budak Ethiopia. Sesungguhnya orang yang hidup nanti (setelahku) akan melihat perpecahan yang banyak, maka hendaknya kalian senantiasa berpegang teguh dengan Sunnahku dan Sunnah Khulafa Ar-Rasyidin yang diberi petunjuk. Gigitlah ia dengan gigi geraham dan jauhilah oleh kalian perkara yang diada-adakan. Karena setiap perkara yang diada-adakan itu adalah bid’ah, dan setiap bid’ah itu sesat.”

Mengagungkan sunnah merupakan kewajiban bagi setiap mukmin, memuliakan syariat yang dibawa oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam wajib, dan kewajiban mengagungkan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dibangun di atas dalil-dalil yang sangat agung.

Islam dibangun di atas kaidah yang sangat agung, yaitu kaidah mengagungkan syiar Islam. Yang artinya, barangsiapa yang tidak mengagungkan syiar Islam, maka imannya adalah cacat atau bahkan rusak.

Simak penjelasan Ustadz Abu Qatadah mengenai “Wajibnya Mengagungkan Sunnah dan Bahaya Mengolok-olok Sunnah” selengkapnya dengan mendownload rekamannya sekarang juga atau dengarkan melalui player yang kami sediakan di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Wajibnya Mengagungkan Sunnah dan Bahaya Mengolok-olok Sunnah

Ayo kita sebarkan link ceramah agama ini ke akun media sosial yang kita miliki agar kaum muslimin bisa mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu khairan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16227-wajibnya-mengagungkan-sunnah-dan-bahaya-mengolok-olok-sunnah-ustadz-abu-qatadah/